Mulai Blogging Dengan Menganalisa Calon Kompetitor

Mulai Blogging Dengan Menganalisa Calon Kompetitor

 

Strategi mengintip web kompetitor

Dirolu- Membaca strategi kompetitor adalah bagian dari cara memenangkan persaingan sebelum memulai blogging. Setelah menentukan niche untuk blog, perlu juga menentukan keywords yang akan kita pakai. Langkah pertama adalah memetakan persaingan keywords yang bakal kita gunakan nantinya.

Ada banyak alat gratis yang bisa dipakai untuk melakukan itu secara online. Kegunaanya tentu saja untuk menganalisa performa website atau blog lawan, mulai dari strategi SEO yang digunakan, keywords yang ditarget, darimana trafficnya hingga kekurangannya.

Namun sebelum melakukan itu, kita harus memiliki pondasi terlebih dahulu. Setidaknya kita tahu siapa kita dan siapa yang akan menjadi kompetitor. Jadi yang pertama kali harus dilakukan untuk menentukan itu adalah menargetkan keywords yang kita gunakan.

Setelah menentukan keywords yang kita gunakan, barulah menginjak tahap selanjutnya, mulai mencari siapa kompetitor website atau blog kita. Caranya dengan melihat keywords yang ditargetkan di mesin pencari seperti Google. 

Menganalisa Website Atau Blog Kompetitor

1. Google

Kita bisa mencari tahu di mesin pencari seperti Google dengan mengetikkan keywords di kolom pencarianya. Seperti pada gambar dibawah, misalnya kita menargetkan keywords "jasa pengiriman barang" dan memasukkanya ke dalam kolom pencarian Google. Hasilnya, kita akan mendapatkan beberapa website atau blog yang menggunakan keywords tersebut. Nah itulah calon kompetitor yang menargetkan keywords serupa.


 2 Similarweb

Mulai Blogging Dengan Menganalisa Kompetitor
Seosimilar

 

Cara kedua adalah dengan tools similarweb. Dengan tools ini kita bisa mendapatkan statistik sebuah blog mulai dari rating blog, statistik pengunjung hingga top keywords yang membuat web ini dikunjungi. Dengan menganalisa statistik menggunakan alat ini kita juga bisa mengintip beberapa informasi lain dari calon kompetitor kita.

3. Ubersuggest

Mulai Blogging Dengan Menganalisa Kompetitor
Ubersuggest

Tool satu ini sudah sangat populer di kalangan blogger. Baik versi gratis maupun berbayar, dengan menggunakan ubbersuggest kita bisa menganalisa blog atau web, terutama untuk mengintip traffic kompetitor dan keywords yang digunakan. 

Mulai Blogging Dengan Menganalisa Kompetitor

 

Kalau sekedar untuk menganalisa, kita cukup menggunakan versi gratis saja. Caranya, langsung kunjungi webnya Ubersuggest. Ketika di halaman beranda, masukkan pada kolomnya nama blog calon kompetitor untuk dianalisa.

Mulai Blogging Dengan Menganalisa Kompetitor


 Selanjutnya kita menuju ke halaman traffic. Pada halaman tersebut terlihat deretan angka traffic visitor blog tersebut. Kita bisa melihat, keywords apa saja yang digunakan dan berapa jumlah visitor tertinggi dari keywords tersebut.

Setelah menganalisa keywords yang digunakan, selanjutnya kita teliti artikel paling populer di blog tersebut dengan scroll kebawah. Tampilannya menunjukkan beberapa artikel paling populer pada blog calon kompetitor kita. Kita bisa meneliti lebih dalam dengan mengklik tombol view all di sebelah kanannya.

Mulai Blogging Dengan Menganalisa Kompetitor
ubersuggest

 

Tampilan kali ini menunjukkan lebih detail dari keywords yang digunakan calon kompetitor kita. Pada tabelnya terlihat lebih lengkap mulai dari volume keywords, Estimasi Visits, CPC hingga SEO Dificulty. Dari analisa tersebut kita bisa menyimpulkan, dari keywords apa blog tersebut dikunjungi. 

Dari beberapa cara diatas, selanjutnya kita bisa menentukan langkah terbaik untuk menentukan keywords yang akan digunakan. Tentunya dengan pertimbangan usia blog calon kompetitor kita. Bila kita sebagai pendatang baru, tentunya tidak serta merta menyamakan penggunaan keywords seperti calon kompetitor kita. Lebih baik melakukan eksperimen terlebih dahulu untuk mempertimbangkan tingkat persaingan keywords yang dipakai.   

Previous Post Next Post