Pentingnya Mengatur Leverage Browser Caching Untuk Meningkatkan User Experience Blog

Pentingnya Mengatur Leverage Browser Caching Untuk Meningkatkan User Experience Blog

 

Leverage Browser Caching
Leverage Browser Caching (dirolu)

Dirolu- Mengatur Leverage Browser Caching merupakan salah satu cara untuk mempercepat website atau blog dari sisi pengalaman pengguna. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan cache pada browser perangkat yang digunakan oleh pengunjung sebuah website. 

Dalam bahasa Indonesia, Leverage Browser Caching artinya "Memanfaatkan Cache Browser" Sedangkan cache sendiri adalah tempat penyimpanan pada browser yang digunakan untuk mengunjungi website. 

Dengan melakukan pengaturan ini, pengunjung yang pertama kali mengunjungi sebuah website, browser perangkatnya akan menyimpan beberapa file statis dari website atau blog, seperti gambar, video, file CSS dan lainya. Ketika berkunjung kembali pada waktu yang berbeda, dia tak perlu menunggu lama lagi karena browser perangkatnya sudah menyimpan file dari website atau blog yang pernah dikunjunginya. 

Ini sebabnya, ketika kita mengunjungi sebuah website, pada kunjungan kedua kalinya terasa lebih cepat daripada kunjungan pertama. Kecepatan ini dikarenakan browser sudah menyimpan beberapa file dari website yang pernah dikunjungi, sehingga tidak diperlukan lagi proses yang lama untuk mendownloadnya. 

Pengaturan leverage browser caching sendiri dimaksudkan untuk mengatur masa kadaluarsa atau seberapa lama cache file website disimpan oleh browser yang pernah mengaksesnya.  Dengan pengaturan yang tepat tentunya dapat meningkatkan user experience terhadap website atau blog kita.

Rekomendasi pengaturan leverage browser cache untuk blog statis sesuai Rekomendasi Google Developer adalah satu tahun.  Namun untuk yang sering berubah-ubah disarankan paling lama adalah satu minggu. 

Pada tutorial kali ini hanya untuk pengguna blogspot saja ya. Cara pengaturanya adalah sebagai berikut.

1. Login ke Dashboard Blogspot

2. Buka Theme/Tema

3. Pilih Edit HTML dan cari kode <head> 

Selanjutnya copy dan paste kode dibawah ini tepat dibawah kode <head>

 

<include expiration='7d' path='*.css'/>
<include expiration='30d' path='*.js'/>
<include expiration='30d' path='*.gif'/>
<include expiration='30d' path='*.jpeg'/>
<include expiration='30d' path='*.jpg'/>
<include expiration='30d' path='*.png'/>
<meta content='name=data; path=path; expires=Thursday, 01-Jan-2099 00:00:00 GMT' http-equiv='Set-Cookie'/>

Pada kode yang berwarna oranye diatas menunjukkan lama penyimpanan dalam caceh browser. Kode ini bisa diganti sesuai kebutuhan sesuai dengan website atau blogmu. Setelah itu lanjutkan Simpan/Save. Selesai.

Previous Post Next Post