Apa yang diharapkan seseorang dari sebuah website atau blog ? Tentu saja
sebagai media online yang menyebarkan informasi kepada publik. Namun apa
jadinya bila website/blog itu tak pernah dikunjungi orang.
Untuk membuat sebuah website/blog bukan sekedar tampilan yang bagus.
Melainkan juga, mengatur bagaimana website mudah dicari untuk mendatangkan
pengunjung. Tentu semua berharap, materi yang ada didalamnya berada di
peringkat pertama pencarian pengunjung.
Caranya adalah dengan mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimized). Salah
satu yang terpenting dari pengoptimalan tersebut adalah dengan memasang keyword
atau kata kunci yang memudahkan pengunjung melakukan pencarian materi dalam
website/blog kita.
Lalu bagaimana caranya ? berikut panduan untuk melakukan riset awal keyword
yang tepat dengan memanfaatkan google planner.
1. Menangkap ide awal main keyword
Misalnya saya mengelola website yang menjual property dan keywordnya kira-kira “ jual rumah “
Itu belum cukup. Untuk melengkapinya, perlu beberapa keyword yang berkaitan dengan keyword utama tadi dan dipilah-pilah lagi berdasarkan search intent.
Berikut penjelasan tentang search inten
Sekarang perhatikan keyword informational yang masih ada hubungannya dengan tiket pesawat (main keyword). Ketika ada yang mengunjungi website kamu melalui informational keyword, bisa jadi mereka tidak langsung membeli.
Tapi, suatu saat bisa jadi mereka butuh. Dan, langsung landing di halaman kamu. Jadi, tetap sajikan konten berkualitas untuk informational keywordnya. Karena fungsi utamanya adalah untuk menjaring pengunjung dan mengubahnya menjadi pembeli suatu hari nanti.
Untuk mempermudah kita dalam mencari ide, berikut saya lampirkan beberapa pertanyaan panduan.
Informational:
-Apa permasalahan yang dimiliki oleh target marketmu?
-Apa yang membuat mereka tertarik membeli produk/jasa yang kamu tawarkan?
-Permasalahan apa yang diselesaikan melalui produk/jasamu?
-Apa hal lain yang ingin mereka ketahui disamping produk yang kamu tawarkan?
Commercial investigation:
-Apa pertimbangan mereka sebelum menentukan pilihan?
-Informasi apa yang dicari sebelum membeli? (spek, manfaat, harga)
-Bagaimana cara mereka membandingkan produk sejenis? (terbaik, vs, review)
-Apa ada kata sifat yang menggambarkan produk/layanan anda? (murah, berkualitas, biru, menyehatkan)
Transactional:
Bayangkan kamu akan membeli produkmu sendiri secara online, apa yang bakal kamu cari dari Google?
Apakah kamu memberikan diskon, gratisan, dan sejenisnya?
Ada beberapa keyword yang tidak lengkap di dalam tabel di atas, sekarang mari kita lihat versi lengkapnya di tahap selanjutnya.
2. Gali Keyword Tambahan
Google sebagai mesing pencari melakukan auto complete saat kita mengetikkan kata pencarian di kolomnya. Dari hasil yang ditemukan, kita bisa memanfaatkannya untuk melakukan keyword tambahan. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan memanfaatkan KeywordTool
Masukkan saja keyword utama di kotak pencariannya dan lihat hasilnya
3. Pencarian Keyword Dengan Google Keyword Planner
Setelah mengantongi keyword dari KeywordTool.io, kita lanjutkan dengan melakukan riset menggunakan Google Keyword Planner
Langsung klik Get Search volume data and trends. Copy dan paste keyword sudah disalin dari KeywordTool.io dan dapatkan hasilnya.
Hasil pencarian diperlihatkan dengan volume pencarian per bulan untuk tiap keyword. Unduh dalam bentuk Excel CSV atau simpan ke Google Drive kalau kamu menggunakan Google Sheets.(and/safitri/berbagaisumber)