Facebook Ads vs Google Ads Manakah yang Lebih Efektif? Yuk Simak!

Facebook Ads vs Google Ads Manakah yang Lebih Efektif? Yuk Simak!

 

Facebook Ads vs Google Ads Manakah yang Lebih Efektif? Yuk Simak!

BerandalIntelek- Facebook Ads vs Google Ads manakah yang lebih efektif, mungkin pertanyaan tersebut akan muncul dibenak kita ketika mengiklankan bisnis. Kedua platform tersebut memang kerap digunakan sebagai media pemasaran yang efektif dengan budget yang dapat disesuaikan kemampuan kita.

Perbedaan Facebook Ads vs Google Ads Manakah yang lebih Efektif?

Tentunya baik facebook ads dan google ads mempunyai poin-poin pembeda meskipun keduanya sama-sama platform iklan. Untuk itu sebelum memilih salah satunya, sebaiknya Anda tahu perbedaannya lebih dulu. Berikut perbedaan facebook dan google ads untuk menentukan mana yang lebih efektif :

1. Cara penayangan iklan

Perbedaan utama antara kedua platform ini adalah caranya dalam menampilkan sebuah produk atau jasa kepada pelanggan. Pada facebook ads akan menampilkan iklan kepada pengguna berdasarkan minatnya. Berbeda dengan google ads yang akan menampilkan iklan yang paling relevan untuk pengguna yang mencari sebuah produk secara khusus.

Karena merupakan sebuah platform media sosial membuat facebook berfokus pada penjangkauan merk karena pengguna tidak mencari sebuah produk secara khusus. Berbeda dengan google yang berfokus pada konversi yang lebih prospek karena google merupakan search engine tempat penelusuran yang menunjukkan minat lebih tinggi.

2. Penargetan audiens

Google ads menampilkan iklan berdasarkan keyword maupun lokasi pengguna, karenanya Anda harus menargetkan orang yang mencari kata kunci di wilayah geografis tertentu. Berbeda dengan Facebook ads yang penargetannya berdasarkan perilaku maupun pola tertentu yang dipilih. Jadi pada facebbok penargetan audience dapat lebih spesifik karena dapat menargetkan berdasarkan perilaku, suka dan tidak suka pengguna.

3. Biaya iklan

Biaya iklan facebook ads vs google ads tentunya berbeda dimana facebook ads umumnya cenderung lebih murah. Akan tetapi hal ini juga ditentukan berdasarkan jumlah audiens dimana semakin banyak audience yang ditargetkan tentunya membuat biaya iklan semakin tinggi.

Selain itu di facebook ads biaya iklan juga dapat disesuaikan berdasarkan tujuannya seperti conversion, awareness dan consideration. Selain itu dapat pula berdasarkan jangka waktu seperti bulanan hingga harian.

Berbeda dengan google ads yang menetapkan biaya berdasarkan jenis keyword yang dipilih. Semakin populer atau banyak dicari sebuah keyword maka biaya yang ditetapkan juga akan semakin tinggi. Untuk mengetahuinya kita bisa menggunakan tools khusus, bahkan kita bisa mengetahui biaya iklan perklik-nya.

4. Sistem laporan

Kedua platform iklan ini telah dilengkapi dengan sistem laporan yang memudahkan kita untuk melihat informasi jangkauan, impresi, klik dan sebagainya dari iklan kita. Pada laporan google ads cenderung lebih fleksibel karena mendukung auto tagging dan dapat diintegrasikan dengan Google Data Studio untuk visualisasinya.

Dengan begitu kita dapat mengetahui total trafik dari iklan kita menggunakan Google Analytics. Sedangkan pada facebook ads Anda harus memasang UTM tracking untuk mengetahui performa iklan yang ditayangkan.

5. Jaringan penayangan iklan

Perbedaan facebook ads vs google ads yang terakhir adalah dari jaringan penayangannya. Pada google ads, iklan kita bisa ditampilkan pada saluran lain pada layanan google seperti YouTube, Gmail, hingga website maupun aplikasi rekanan.

Sedangkan pada facebook ads penayangan iklannya hanya berfokus pada jaringannya sendiri seperti Instagram, Messenger hingga Audience Network. Dari beberapa perbedaan tersebut tentunya kita dapat menyesuaikan mana platform yang paling sesuai untuk bisnis dan budget kita.

Previous Post Next Post