Cara Beriklan di Facebook dan Tips Mengaturnya

Cara Beriklan di Facebook dan Tips Mengaturnya

 

Cara Beriklan di Facebook dan Tips Mengaturnya

Dirolu- Cara beriklan di Facebook menjadi salah satu hal yang banyak di cari oleh para pengguna. Hal ini karena Facebook merupakan salah satu media sosial terpopuler dengan banyak pengguna aktif di dalamnya. Dengan banyaknya pengguna ini juga menjadi sebuah media promosi yang cukup efektif. Bahkan facebook sendiri juga menyediakan akun khusus untuk keperluan pengiklanan yang bisa Anda gunakan.

Cara Beriklan di Facebook dengan Mudah

Facebook ads sendiri merupakan sebuah platform beriklan di facebook dimana Anda bisa mencapai audiens pengguna facebook serta jaringannya seperti instagram dan whatsapp. Bila Anda ingin beriklan disini, berikut cara beriklan di facebook dengan mudah untuk pemula :

1. Buat Halaman Bisnis

Sebelum bisa menikmati layanan ads maka Anda harus membuat akun facebook bisnis. Setelah memiliki jenis akun ini maka Anda dapat mengakses Facebook Ads atau Business Manager untuk mengikuti langkah selanjutnya.

2. Pilih Tujuan

Login ke Facebook Ads Manager dan klik tab Campaign kemudian klik create. Disini facebook akan menawarkan 11 tujuan pemasaran yaitu :

  • Brand awareness.

  • Reach.

  • Traffic.

  • Engagement.

  • App installs.

  • Video views.

  • Lead generation.

  • Messages.

  • Conversions.

  • Catalog sales.

  • Store traffic.

Pilih opsi yang diinginkan, sebagai catatan untuk orientasi konversi maka Anda akan membayar per action, sedangkan untuk exposure maka pembayarannya untuk impressions.

3. Beri Nama Kampanye Iklan

Berilah nama pada kampanye iklan Anda di Facebook, selain itu ada pula opsi A/B split test atau tidak dan pengoptimalan budget. Untuk tujuan engagement pilihlah apakah Anda akan fokus di post engagement, page like atau event responses.

4. Atur Akun Iklan

Bila ini pertama kalinya Anda beriklan, maka klik tombol “Set Up Ad Account” untuk mengisi rincian data seperti negaea, mata uang dan zona waktu untuk membuat akun iklan.

5. Pilih Audiens

Namai kampanye iklan Facebook Anda dan pilih Page maka yang akan dipromosikan. Anda juga diminta memilih segmen audience mulai dari lokasi target, usia, gender hingga bahasa.

Perhatikan pula indikator ukuran audiens di sebelah kanan layar agar kita punya gambaran bagaimana potensi jangkauan iklan agar targeting lebih mendetail. Disini Anda akan melihat dua kolom untuk membantu memilih audieng dengan lebih spesifik. Anda juga dapat mengecualikan orang berdasarkan demografinya, minat hingga perilakunya.

6. Pilih Lokasi Penempatan Iklan

Selanjutnya kita juga diharuskan memilih dimana iklan akan ditampilkan, untuk pemula sebaiknya memilih Automatic Placements. Dengan begitu iklan Anda akan ditempat secara otomatis baik di Facebook, Instagram, Messenger dan Audience Network agar dapat dioptimalkan.

7. Atur Budget dan Jadwal

Kita juga harus mengatur biaya untuk beriklan, tidak ada patokan biaya tertentu sehingga Anda dapat membayar sesuai kemampuan mulai dari harian hingga seumur hidup. Selain itu atur pula jadwal penayangan dan berakhirnya kampanye iklan kemudian klik Continue.

8. Buat Iklan

Membuat iklan dilakukan dengan memilih format iklan lalu masukkan teks maupun komponen media lainnya. Pastikan melihat previewnya lebih dulu untuk memastikan iklan terlihat menarik di semua platform penempatan yang dipilih.

Setelah itu klik Confirm untuk mengirimkan order dan tunggu hingga facebook mengirimkan email yang mengkonfirmasi iklan Anda telah diterima. Itulah beberapa langkah atau cara beriklan di facebook untuk pemula yang mudah dilakukan.

Tips Menjalankan Facebook Ads

Selain mengetahui cara beriklan di Facebook, Anda juga perlu tahu beberapa tipsnya agar beriklan semakin efektif, untuk itu perhatikan beberapa tips berikut :

1. Lakukan eksperimen dengan audience targeting

Pertama-tama mulailah dengan audience skala kecil, perluaslah secara perlahan dengan menambahkan satu demi satu kategori minat. Kita juga dapat menggunakan penargetan audience untuk membuat iklan berbeda pada grup terkait untuk tujuan yang berbeda.

2. Gunakanlah Facebook Pixel

Facebook Pixel merupakan kode yang berguna untuk memperoleh data pengunjung website Anda dari iklan yang dilakukan. Inputkan kode ini di website Anda untuk melakukan pelacakan konversi dan remarket untuk orang-orang yang sudah melihat produk di website Anda.

3. Gunakan foto dan video beresolusi tinggi

Iklan yang menarik tentunya harus ditunjang dengan foto dan video beresolusi tinggi agar audience tertarik melihat iklan Anda.

4. Analisis performa untuk menyesuaikan strategi

Lakukan monitoring dan pengukuran performa iklan yang berjalan agar Anda dapat menerapkan strategi yang efektif. Data performa yang terkumpul akan sangat bermanfaat untuk memperbaiki strategi iklan ke depannya.



Previous Post Next Post