Blog Zombie Untuk Mendongkrak Ranking Blog, Masih efektifkah ?

Blog Zombie Untuk Mendongkrak Ranking Blog, Masih efektifkah ?

 

blog zombie
(foto : Julien Tromeur)

dirolu.my.id-Menggunakan blog zombie hingga kini diakui sebagai cara paling efektif untuk meningkatkan ranking di mesin pencari. Alasannya, blog zombie dianggap sebagai blog lama yang sebagian besar dianggap telah memiliki DA/PA bagus. Sehingga banyak blogger yang memanfaatkanya sebagai tempat menanam backlink yang menuju ke situs utamanya. Seperti apa blog zombie itu tersebut dan bagaimana mencarinya ?

Blog zombie secara istilahnya adalah seperti zombie. Blog tersebut telah lama mati atau dihapus oleh pemiliknya, entah karena alasan apa. Oleh para blogger, blog tersebut dicari kembali dan digunakan sebagai blog dummy untuk menanam backlink.  

Biasanya, blog zombie menggunakan platform CMS gratisan. Beberapa layanan platform gratisan yang umum digunakan oleh para blogger diantaranya,

-Blogspot.com

-Wordpress.com

-Thumblr.com

-Jimdo.com

-Weebly.com

-Webs.com

Meski penggunaan blog zombie banyak dianggap bagus, perlu dilakukan pengecekan ulang, apakah blog zombie tersebut benar-benar bagus digunakan atau tidak.

Kriteria Blog Zombie Yang Bagus

Beberapa kriteria untuk blog zombie yang bisa digunakan kembali seperti poin dibawah ini.

1. Berumur : Meski umur bukan menjadi acuan meningkatkan ranking di SERP Google, namun setidaknya umur bisa mendorong lebih cepat ranking blog di SERP Google.

2. Punya Banyak Backlink dari High Authority Site : Jumlah backlink yang menuju ke blog zombie berpengaruh besar pada kualitasnya. Terutama link dari situs-situs besar. Apabila blog zombie tersebut memiliki banyak backlink dari situs besar, bisa dipastikan kualitasnya sangat bagus.Untuk mengeceknya bisa menggunakan link ini : openlinkprofiler.com.

3. Bersih dari Konten Spam: Sebelum menggunakan blog zombie sebagai backlink atau bahkan situs utama, ada baiknya melakukan pengecekan riwatanya. Bisa jadi blog tersebut bukan dihapus oleh pemiliknya, melainkan oleh google karena terlalu banyak berisi konten negatif seperti P0rno atau P3rjud1an. Untuk melakukan pengecekan bisa dilakukan melalui link ini : KLIK

 4. Memiliki Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)yang baik. Untuk mengeceknya bisa dilakukan dengan tool dari MOZ. Instal browser pluginnya disini : https://moz.com/tools/seo-toolbar

Dari cara dan kriteria diatas, cara pengecekan bisa juga dilakukan dengan tools khusus yang populer digunakan seperti MOZ.com, ahrefs atau Ubbersuggest.

Selanjutnya, bagaimana cara mencari blog zombie tersebut ?

Mencari Blog Zombie

 Ada beberapa cara mencari blog zombie. Namun kebanyakan blogger enggan ribet dan memilih cara instan dengan membelinya di forum-forum blogger atau marketplace.

1. Mencari Blog Zombie Secara Konvensional

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara konvensional. Cara ini membutuhkan kesabaran ekstra karena harus dilakukan melalui beberapa proses, mulai dari pengecekan hingga mengakuisisi blog zombie untuk dihidupkan kembali. 

Untuk memulai cara ini, yang perlu dipersiapkan adalah :

- Ekstensi Link Cheker (Klik Disini) Sebaiknya menggunakan browser Chrome

- Tools DA/PA (bisa menggunakan SmallSeoTools atau alat pengecekan lainnya.

Selanjutnya pasang ekstensi link checker melalu tautan diatas. Setelah terpasang, buka browser Chrome dan lakukan pencarian di mesin pencari seperti Google dengan footprint blog zombie seperti berikut : 

site:blogger.com/profile "keyword"
site:blogger.com/profile admin = "keyword"
site:blogger.com/profile keyword "keyword"
site:blogger.com/profile keyword Location: "negara"
site:blogger.com/profile keyword On blogger since "bulan dan tahun"
site:blogger.com/profile keyword Gender: "jenis kelamain"

Ganti "keyword" atau pencarian dalam tanda "" daengan yang anda inginkan. Setelah menemukan deretan pencarian dari footprint diatas, aktifkan Link Checker di sudut kanan atas browser atau lagsung di pin dan start.

Footprint blog zombie

Dari hasil tersebut terlihat ada beberapa yang muncul dengan markah hijau. Itu tandanya blog tersebut masih aktif dan belum dihapus. Disini anda mencari daftar nama blog dengan latar belakang markah merah yang artinya blog tersebut sudah mati atau dihapus.

Setelah menemukan blog tersebut, kunjungi linknya. Biasanya akan muncul pemberitahuan "Maaf blog yang anda cari tidak ditemukan, namun blog ini tersedia untuk didaftarkan" Klik daftar untuk menghidupkannya kembali. 

2. Membeli di Forum Blogger

Cara yang kedua, bila anda enggan ribet untuk mencarinya adalah dengan membelinya di forum-forum blogger. Ada yang menjual blog zombie dengan harga terjangkau. Bila anda beruntung, anda akan mendapatkan blog zombie dengan kualitas yang bagus.

Mudah kan caranya. Meski dianggap masih efektif dan potensial untuk mendongkrak ranking blog di SERP Google, namun semua tidak ada artinya bila kualitas konten anda biasa-biasa saja. Jadi hal yang paling utama dalam dunia SEO (Search Engine Optimized) adalah kualitas konten. (*)





Previous Post Next Post