SEO Terbaru 2019, Utamakan User Experience, Memberi Solusi dan Enak Dibaca

SEO Terbaru 2019, Utamakan User Experience, Memberi Solusi dan Enak Dibaca


dirolu - Demi kenyamanan penggunanya, Google kerap melakukan perubahan pada algoritmanya setiap tahun. Secara otomatis, pemilik situs yang menerapkan teknik SEO di mesin pencari seperti Google, harus selalu update dan merubah strateginya.

Yang perlu diperhatikan pada trik seo 2019 ini adalah, 'Content is King'  Artinya, kualitas kontenlah yang lebih diutamakan agar bisa memenangkan peringkat di mesin pencari. Bila ingin konten bisa mejeng di halaman pertama Google dan awet disitu, buatlah isinya semenarik mungkin.

Intinya, konten yang baik adalah, enak dibaca, memberi solusi dan kenyamanan bagi pembaca. Lalu seperti apa konten yang baik itu ?

1. Keyword di Judul 

Dalam trik SEO, judul adalah faktor paling penting. Karena judul adalah presentasi dari isi konten. Buatlah judul yang relevan dengan isi konten. Namun yang tidak kalah penting, untuk mendukung SEO, perlu juga dilakukan trik khusus, yakni dengan memasang keyword.

Contoh, bila ingin membidik keyword 'Jual Handphone' maka judul yang baik bisa jadi 'Jual Handphone Bekas Murah' Dengan judul seperti ini, maka nantinya keyword juga sekaligus akan tercapai pada Handphone bekas dan Handphone murah.

2.  Deskripsi Singkat

Tak hanya judul, optimasi SEO 2019 juga perlu dilakukan pada deskripsi konten. Buatlah deskripsi semenarik mungkin, singkat, padat dan jelas. Dalam isinya, kita bisa menyisipkan keyword dalam kalimat deskripsi yang dibuat. Tapi ingat, cukup satu saja, jangan berlebihan, karena Google bisa menganggap hal itu 'Keyword Stuffing' atau penumpukan keyword.

3. Isi Artikel

Penempatan keyword juga bisa dilakukan pada isi artikel. Tapi seperti penjelasan deskripsi diatas, penyisipan keyword yang dilakukan jangan berlebihan. Maksimal keyword, 3% dari keseluruhan isi artikel yang kita buat.

Sebarlah keyword secara merata pada isi artikel, pada paragraf awal, tengah dan akhir. Meski demikian, jangan terlalu memaksakan keyword sehingga akhirnya artikel jadi tidak enak dibaca.

Sementara, jumlah kata yang baik pada sebuah artikel adalah sekitar 300 hingga 500 kata. Google kurang menyukai artikel yang terlalu pendek maupun yang panjang namun bertele-tele.

4. Perhatikan Heading Tag (Heading,Subheading,minor heading) 

Dalam sebuah penulisan yang baik, kadang diperlukan yang namanya heading tag. Tujuannya, agar tulisan yang kita buat menjadi lebih jelas dan enak dibaca. Jadi, apabila kita menulis artikel sangat panjang tanpa satupun tag heading, membuat tulisan jadi kurang enak dibaca.

Penempatan tag heading yang tepat membuat optimasi SEO yang kita lakukan menjadi lebih powerfull. Penempatan heading tag pada tiap platform berbeda-beda. Bagi yang melakukan optimasi trik seo blogger bisa melakukannya dengan mudah, dengan menyisipkan keyword pada subheading yang dibuat.

5. Linking Internal Maupun Eksternal


Google sangat menyukai tulisan yang berbobot. Sebagai tolok ukurnya adalah, sumber dari artikel yang kita buat. Apabila kita menulis disertai dengan beberapa sumber, baik secara internal dari tulisan yang pernah kita buat sebelumnya atau sumber dari situs lain, maka Google akan menganggap bahwa tulisa kita mempunyai nilai.

Lalu bagaimana caranya untuk meyakinkan ?

Penerapan trik ini sebenarnya sudah pernah dibahas pada artikel lain dalam situs ini. Sebagai contoh, kita menulis tentang 'Mobil Listrik' Untuk mendukung artikel yang kita buat tentang mobil listrik, kita mendapatkan beberapa sumber dari situs lain yang menjelaskan tentang kelistrikan dari mobil yang kita bahas.

Pada beberapa kata yang memberi penjelasan tentang kelistrikan tadi, kita bisa membuatnya sebagai tulisan bertaut (anchor text) yang menuju pada situs yang memberi penjelasan tadi. Buatlah beberapa kata dengan tautan seperti itu untuk mendukung performa artikel pada optimasi SEO. (and)




 














Previous Post Next Post