Memahami Istilah CPC, CTR, CPM dan Page View Dalam Google Adsense

Memahami Istilah CPC, CTR, CPM dan Page View Dalam Google Adsense

Memahami Istilah CPC, CTR, CPM dan Page View Dalam Google Adsense

 

dirolu- Google adsense adalah salah satu program yang ditawarkan kepada publisher untuk bekerjasama menjadi penayang iklan. Program ini tentu saja menjadi keuntungan bagi para publisher, khususnya blogger yang aktif berkecimpung dalam dunia penulisan online (blogging). Banyak cara dilakukan untuk mengoptimalkan pendapatan dari program ini. Namun sebelumnya, memahami istilah dalam Google adsense seperti CPC, CTR, CPM dan Page View, menjadi sebuah keharusan.  

Bagi yang sudah berkecimpung lama di Google adsense, tentu tidak asing lagi dengan istilah CPC (Cost Per Click), CTR (Click Through Rate), CPM (Cost Per Thousand), RPM (Revenue Per Impressions), Page Impressions dan masih banyak lagi. Bagi yang belum paham, dibawah ini penjelasan lengkap mengenai istilah-istilah itu serta penghitunganya. 

Sebelum membahas lebih detail, sebaiknya pahami dulu istilah-istilah paling umum terlebih dahulu.

1. Page View

Page view adalah laporan jumlah kunjungan halaman yang terdapat iklan. Maksudnya, yang dihitung adalah jumlah halamanya saja. Misalnya, jumlah halaman dalam sebuah web adalah 30 halaman. Sedangkan tiap-tiap halaman terdapat 3 iklan yang tayang. Jika ada pengunjung mengunjungi semua halaman tersebut, maka yang dihitung adalah jumlah kunjungan halamanya saja, yakni 30 page view, bukan jumlah iklannya. 

2. Impressions

Hampir mirip dengan Page View, Impressions adalah item yang dilihat oleh pengunjung, mulai dari halaman, unit iklan maupun item-item lainnya. 

3. Clicks

Clicks atau klik, adalah jumlah iklan yang diklik oleh pengunjung di halaman. 

4. Query

Query adalah Permintaan untuk menampilkan unit iklan

4. CPC (Cost Per Click) 

CPC adalah biaya atau harga yang ditawarkan oleh pengiklan setiap kali ada pengunjung yang klik iklan di halaman web. Besaran CPC ditentukan oleh banyak faktor, biasanya terkait kata kunci yang digunakan oleh pengiklan, kategori iklan dan terakhir adalah wilayah asal pengunjung yang klik iklan. Semakin besar CPC yang diperoleh, semakin besar peluang mendapatkan pendapatan maksimal.

5. CTR (Click Through Rate)

CTR atau Click Through Rate adalah persentase jumlah klik iklan yang diterima dibandingkan jumlah laman yang dilihat (Page View). CTR dihitung untuk menentukan seberapa sering pengunjung mengklik iklan yang tayang. Jadi misalnya, sebuah website memperoleh 3 kali klik iklan dan halaman yang dilihat sebanyak 300 kali, maka nilai CTRnya adalah 1%.

Cara menghitung CTR :


CTR = (Jumlah Klik Iklan : Jumlah Halaman Yang Dilihat) X 100%
CTR = (3 : 300) X 100%

 

6. RPM (Revenue Per Thousand Impressions)

RPM atau PPS (Pendapatan Per Seribu Tayang Iklan) adalah laporan pendapatan estimasi (tertaksir) setiap 1000 impressions. Tidak ada laporan aktual untuk pendapatan ini. Misalnya publisher memperoleh estimasi pendapatan 30 dari 2500 impressions, maka hasilnya adalah 12.

Cara menghitungnya adalah sebagai berikut :

RPM = (Estimasi Pendapatan : Page Impressions) X 1000
RPM = (3 : 300) X 1000

7. CPM (Cost Per Thousand Impressions)

CPM atau Cost Per M (angka romawi M=1000) adalah pendapatan yang diperoleh publisher ketika iklan yang tayang telah diklik atau dilihat sebanyak 1000 kali. Penayang iklan, baru akan membayar publisher bila iklanya telah tayang atau diklik sebanyak 1000 kali.

 

Setelah memahami istilah dalam penerbitan iklan di Google adsense, publisher bisa menggunakan pemahaman tersebut untuk membaca laporan dalam dashboard adsense. Dengan memahami istilah tersebut, publisher bisa memaksimalkan pendapatanya dengan melakukan eksperimen maupun strategi lainnya.

Previous Post Next Post